RSS

Berbisnis itu

06 Apr

Assalamualaikum

Welcome to April, Oh senangnya sudah masuk bulan ke empat saja di tahun 2014 ini hehehe. Ada yang kangen tulisan saya manteman? aih pede banget yak :), Banyak yang ingin di tulis tapi ada daya saya sudah kecapekan kerja dan bisnis di tambah dengan rasa ngantuk yang tak tertahankan. jadilah saya jarang menulis, bersyukur masih bisa menyisakan waktu untuk blogwalking πŸ™‚ Kangen cerita-cerita teman blog semua *kecupmanis*

Saya mau cerita tentang bisnis sampingan saya, monggo duduk yang rapih manteman πŸ™‚ Ini masih disebut bisnis sampingan loh ya, setidaknya buat menambah saldo di tabunganku tercinta hehehe, Mudah-mudahan bisa membuka lapangan pekerjaan baik di dalam negeri dan target saya sampai ke Luar Negeri. Amieeen .. *mariberdoa* ^_^

Awal memulai bisnis kecil-kecilan, sejak pertengahan tahun 2011. Pada waktu itu saya hanya berjualan melalui facebook saja. Jualan saya juga hanya satu macam saja yaitu : Boneka, Tahun itu lagi ramai-ramainya Boneka Shaun THe Sheep, manteman tau kan boneka itu ? Awalnya coba-coba karena lihat teman kantor berjualan boneka itu, dan saya menanyakan darimana dia bisa mendapatkan boneka itu, dan teman kantor saya pun memberitahukannya kepada saya. Setelah tahu, kami pun sama-sama berbelanja disana. Kebetulan dekat kantor juga cuma 5 menit jalan kaki sampai deh.

ImageSaya suka dengan Supplier boneka tersebut, karena dia memberikan saya kemudahan berjualan. Contohnya kalau barang tidak laku terjual bisa di ganti dengan uang tapi di potong per sekian ribu per pcs harga grosir boneka atau bisa juga di ganti dengan boneka lainnya dengan harga grosir yang sama. Awalnya saya hanya mengambil kurang dari 10 pcs setiap jenis boneka karena modal yang saya pake pada waktu itu adalah sisa gaji saya. Lama-lama banyak yang tertarik akhirnya saya pun memberanikan diri untuk mengambil lebih banyak lagi untuk stock di rumah. Resikonya mungkin akan ada kerugian dimana barang tidak akan cepat habis ataupun di kembalikan lagi kepada supplier dengan syarat yang sudah saya tulis di atas.

Hari berganti hari, ada hari ada bulan, bulan pun berganti, ada bulan ada tahun, dan Tahun pun berganti hehehe, saya semakin suka berjualan secara online. Yang awalnya hanya di facebook saya pun beralih ke salah satu marketplace yang kini sudah tiada. Pasti tau dong !!! Multiply, Iya sekarang sudah tiada, dan saya pun mencari lahan untuk berjualan secara online lagi. Kenapa nggak bikin website saja ? Mau sih, tapi saya masih banyak pertimbangan … contohnya ? nanti saja deh .. saya ulas πŸ™‚

Dan hingga saat ini saya masih berjualan online di salah satu marketplace, menurutku ini lumayan terkenal dan memberikan kami kemudahan serta banyak fasilitas yang kami dapatkan selaku seller. Selain sebagai seller saya pun masih berstatuskan karyawan, ini yang kadang menjadi delima, eeeh .. maaf maksudnya dilema πŸ™‚ Dimana saya mempunyai tanggung jawab pekerjaan di kantor dan tanggung jawab kepada buyer/costumer saya.

ImageSebagian stock barang saya di ambil dari supplier luar kota dan sebagian saya produksi sendiri. Nah, ini yang menyita waktu saya dimana saya harus bolak-balik ke Tukang Neci, dan Tukang bahan untuk membeli dan mengambil bahan.

Berbisnis itu Menyenangkan, Sumber penghasilan yang saya dapatkan dari berjualan secara online ini lumayan untuk menambah pundi-pundi saldo di tabungan muahahaha, loh iya tho ? Menyenangkan ketika di awal bulan dan akhir bulan, tapi ketika di pertengahan bulan saya sebagai seller harus lagi – lagi berpikir supaya di pertengahan bulan pun ada orderan masuk. Misalkan saja mengadakan promo di online shop saya πŸ™‚

Berbisnis itu Penuh Resiko, Resiko gagal ketika omzet yang di inginkan tidak tercapai atau bahan nombok, lagi-lagi harus berpikir bagaimana untuk menaikkan atau setidaknya menstabilkan cash yang ada.

Berbisnis itu akan membuat kamu kurang tidur, Iya saya akui itu. Waktu itu saya pernah membaca salah satu artike di yahoo lupa judulnya apa dan point keberapa. Jika kamu memiliki bisnis sampingan maka, bersiaplah untuk kurang tidur/istirahat. Nah.. benar sekali, itu yang saya rasakan beberapa bulan ini. Senin – Sabtu saya kerja ( sabtu masuk dua minggu sekali sih ) pulang kerja saya harus siap-siap packing barang kemudian mengirimkan dan memberitahukan no resi kepada costumer, setelah itu saya harus cek stock barang lagi, sisanya saya chating dengan Mr Shah Rukh Khan. Alhasil kadang saya tidur bisa di atas jam 12 dan bangun lagi subuh, terkadang malah kesiangan 😦 di weekend saya pun masih sibuk harus bolak – balik tukang neci, bolak balik merapihkan barang yang siap untuk di jual, menghitung stocknya dan update di online shop dsb. Capek pastinya, kurang tidur iya, jarang nulis blog iya,Β  tapi hasil yang di dapat alhamdulillah hehehe…

Berbisnis itu apabila kamu punya rahasia berbisnis jangan di publish ke sesama pelaku bisnis, Sedikit pengalaman tidak mengenakkan, entah ini rahasia atau disebut apa yaa hehehe. Ketika saya mau ambil bahan, ada pegawainya yang tanya ini dan itu kesaya. dari mulai berjualan dimana ? berjualan apa saja ? harga jual berapa ? dll .. saya pun memberitahukannya karena saya pikir mungkin dia juga ingin menambah penghasilan dengan berjualan secara online. So, saya beritahulah semuanya. disini niatnya ingin membantu sih, tapi kok kesannya jadi gimana gitu. Sampai akhirnya saya ketahui bahwa dia pun berjualan di tempat marketplace yang sama dan barangnya pun sama uhuk..uhuk.. dan masih banyak lagi kesamaannnya, sampai akhirnya saya pun berpikir nih orang kok jadi curi start duluan yaa ehem.. Setelah kejadian itu, saya berpikir oke biarlan, toh rezeki tidak akan pernah tertukar, dia boleh saja menjual produk yang sama, tapi dari segi harga saya lebih unggul hehehehe .. jadi nggak usah kehilangan costumer juga, toh saya juga sudah banyak ide-ide brilian yang di ajarkan dari adik saya. Alhamdulillah adik saya pun sudah memulai bisnisnya.

rajabisnismodalkecil.comBerbeda dengan adik saya yang selalu rajin ikut seminar di sana – sini, beli buku A, B dan C dari berbagai motivator, dan ikut sharing kesana kemari, sedangkan saya beeuh, jangan di tanya saya nggak ada waktu untuk ikut begituan, saya belajar bisnis dari adik saya saja plus rajin-rajin mantau seller lainnya, belajar strategi dari mereka dan kebetulan juga saya pun bisa belajar dari tempat saya bekerja.

Dulu saya masih mencampur adukkan uang pribadi dengan uang jualan, tapi alhamdulillah sekarang saya bisa memisahkan keduanya. Sehingga jika ada kelebihan profit dari berjualan saya bisa mutasikan rekening ke tabungan saya. Senangnya ^_^ ..sumber foto : drwok.com

Β 

 
15 Comments

Posted by on April 6, 2014 in Experience, Jualan, Personal Life, Uncategorized

 

15 responses to “Berbisnis itu

  1. nyonyasepatu

    April 6, 2014 at 7:16 AM

    AKU MASIH BElon bisa nih berbisnis hehe, masih gak sabar dan gak punya jiwa jualan

     
    • syifna

      April 6, 2014 at 7:25 AM

      Hahaha dulu saya juga nggak punya jiwa jualan mba, mengalir begitu saja. Sambil belajar juga ding hehehe …

       
  2. Baginda Ratu

    April 6, 2014 at 10:52 AM

    Iiihhh, epic itu foto terakhirnyaaa…
    Benerrrr, Syif. Kudu semangat, sukses yaaaaa…

     
    • syifna

      April 6, 2014 at 2:13 PM

      Yuhuuu epic yaa mba πŸ™‚
      Iyap mba kudu semangaaat teyuuus nih, sukses juga buat Mba Fit πŸ™‚

       
  3. Vicky Laurentina

    April 6, 2014 at 11:22 AM

    Wew..ini curhat yang bagus, Syifna. Saya nggak pernah jualan dan saya nggak tau rasanya, jadi baca tulisan ini, saya jadi lebih mengerti.
    Syifna, gimana Syifna tau bahwa orang yang Syifna tawarin boneka ini target pasar yang bagus? Syifna dapet dari mana pasar-pasar targetnya?

     
    • syifna

      April 6, 2014 at 2:15 PM

      Dulu saya cuma coba-coba aja mba, saya pasang foto jualan saya, kemudian teman-teman di facebook langsung berkomentar dan order. Mungkin target pasarnya adalah keluarga yang mempunyai anak kecil kali ya mba hehehehe plus yang punya ponakan πŸ™‚

       
    • syifna

      April 6, 2014 at 2:15 PM

      Terima kasih sudah berkunjung ya mba πŸ™‚

       
  4. rahmattrans

    April 6, 2014 at 3:17 PM

    Wah…. ini yang saya suka, mbak…. πŸ™‚ klo semenjak ada multiply, berarti udh lama main onlinenya ya mbak? πŸ™‚ saya juga lagi beranjak ke jualan online juga, tapi supliernya yang belum dapat mbak. Ada nggak grosir dropship yang bisa dipercaya, mbak? Karena klo packing sendiri kadang capek juga. Trua satu lagi kendalanya klo saya di Aceh… untuk stock barang, harganya pasti diatas harga suplier di Jakarta. Jd, bila ngejual lagi, otomatis harus naiin harga lagi. Kecuali klo memang tinggal di Jakarta atau pulau jawab yang memiliki produsen banyak barang.

     
    • syifna

      April 8, 2014 at 6:56 AM

      Di MP lumayan lama mas πŸ™‚
      Kalau mau dropship langsung ke Suppliernya, itu aman. Misal kan mas mau ready stock ambil barang langsung dari Supplier Jakarta.

       
  5. pinkvnie

    April 6, 2014 at 4:43 PM

    Bonekanya apa aja mba? Enak ya bs buat brg dagangannya sndr.
    Klo aq sampingannya msh MLM …
    Oh iy blb nih lht2 link dagangannya brgkl ja bs reseller πŸ˜€

     
    • syifna

      April 8, 2014 at 6:41 AM

      Dulu cuma boneka shaun the sheep aja hehehe

       
  6. duniaely

    April 7, 2014 at 10:13 AM

    uurrgghh .. kebayang ya mbak, lumayna jengkel jg pastinyasetelah tahu dia jualan di tempat sama dan barang yg sama juga

    semoga sukses selalu ya mbak bisnisnya πŸ™‚

     
    • syifna

      April 8, 2014 at 6:44 AM

      Lumayan mba, kayak ga punya lahan lain saja untuk dagang hehehe
      sukses juga buat Mba Ely πŸ™‚

       
  7. liamarta

    May 9, 2014 at 11:21 AM

    Aaaa semoga kamu sukses selalu yaaa dengan bisnismuuu πŸ™‚

     
    • syifna

      May 9, 2014 at 11:44 PM

      Amieen ,…
      kamu juga ya, lia πŸ™‚

       

Silahkan tinggalkan jejak dengan sopan ^_^

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: